Thursday , 19 July 2018
Latest News
Latest News
Tahun Ini Sepuluh Tim Lolos Hibah Internal LP2M UPJ
2018-05-03

Universitas Pembangunan Jaya - Setelah tahun lalu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Jaya (LP2M UPJ) menggelar hibah internal dan terjaring sekitar lima tim yang berhasil lolos hibah, tahun ini LP2M UPJ kembali menggelar sayembara bagi seluruh dosen UPJ yang ingin melakukan penelitian ataupun pengabdian kepada masyarakat dengan didanai LP2M UPJ. Program pemberian hibah internal LP2M UPJ merupakan program hibah yang rutin dilaksanakan oleh LP2M UPJ yang bertujuan untuk menumbuhkan budaya cinta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi seluruh dosen di UPJ. 

Melalui anggaran tahun 2017/2018 (2), LP2M UPJ mengucurkan dana hingga 90 juta rupiah bagi dosen di UPJ yang tertarik untuk melakukan penelitian maupun pengabdian. Pemberian dana hibah ini disambut baik bagi seluruh dosen UPJ, hal ini terbukti dengan telah terjaringnya sepuluh tim yang berhasil lolos dalam tahap seleksi penilaian proposal. Adapun sepuluh tim yang berhasil lolos dan dinyatakan sebagai pemenang hibah adalah sebagai berikut :

Penelitian

  1. Tim Peneliti Heny Ispur Pratiwi, B.Sc., M.Sc dengan judul "Aplikasi Arduino pada Modul Robot Manusia sebagai Mediasi Pengajaran Desain, Narasi dan Simulasi"
  2. Tim Peneliti Safitri Jaya, S.Kom., M.T.I dengan judul "Mekanisme Pengaturan Dokumen Program Studi Berdasarkan Standar BAN PT berbasis Online"
  3. Tim Peneliti Dr. Hastuti Naibaho, M.Si dengan judul "Peran Dukungan Pemimpin Mengurangi Dampak Negatif Konflik Keluarga - Pekerjaan terhadap Niat untuk Keluar dari Organisasi dan Perilaku Kerja Produktif"
  4. Tim Peneliti Johannes H Siregar, Ph.D dengan judul "Pengembangan Algoritma Heuristik untuk Optimalisasi Query Basis Data"
  5. Tim Peneliti Feby Hendola, S.Ars., M.Ars dengan judul "Kajian Konsepsi "Perancang" dan "Perancangan Pada Desain Partisipatif (Participatory Design). Studi Kasus : Gerakan Kota Tanpa Sampah RW 02 Pondok Jaya, Tangerang Selatan"


Pengabdian Kepada Masyarakat

  1. Tim Pengabdi Clara Moningka, S.Psi., M.Si dengan judul "Pendidikan Anti Korupsi pada Siswa Sekolah Dasar : Unprivilleged Schools"
  2. Tim Pengabdi Desi Dwi Kristanto, S.Ds., M.Ds dengan judul "Pelatihan Perancangan Media Publikasi untuk Masyarakat di Kelurahan Sawah Baru"
  3. Tim Pengabdian Endang Pitaloka, SE., ME dengan judul "Manajemen Perencanaan Keuangan pada Rumah Tangga di Sekitar RPTRA Asthabrata"
  4. Tim Pengabdian Safitri Jaya, S.Kom., M.T.I dengan judul "Pelatihan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Bagi Pengelola RPTRA Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggarahan Jakarta Selatan"
  5. Tim Pengabdian Tri Nugraha, ST., MT dengan judul "Teknologi Rain Water Harvesting Bagi Mayarakat di Kelurahan Sawah Baru, Ciputat Tangerang Selatan"

Pada rabu kemarin (2/5), sepuluh tim yang dinyatakan sebagai pemenang, diundang untuk melakukan penandatanganan kontrak. Penandatanganan kontrak hibah ini, mengundang pula Ibu Leenawaty Limantara, Ph.D sebagai rektor UPJ dan Ibu Ellya Siswoko sebagai kepala bagian keuangan UPJ. Acara berlangsung kondusif, dengan pemberian penjelasan terlebih dahulu oleh Bapak Agus Setiawan, ST., MT selaku Kepala Bagian LP2M tentang mekanisme pelaporan interim dan akhir, pencairan anggaran serta hingga tanggal penting bagi peneliti/pengabdi. 

Disela acara penandatanganan kontrak hibah internal ini pula, LP2M menyarankan dan menghimbau bagi pemenang untuk tetap konsisten melakukan penelitian ataupun pengabdian, karena LP2M akan memfasilitasi biaya penelitian/pengabdian. Kedepannya LP2M mengharapkan para dosen UPJ kurangnya ketertarikan seluruh dosen untuk melakukan penelitian mandiri, karena LP2M masih memiliki hibah yang dapat di ajukan kapan saja yaitu hibah search and share research grant. (shd)

 

Dokumentasi Acara Penandatanganan Kontrak