Saturday , 17 November 2018
Latest News
    Maaf, data yang anda cari tidak ada
Latest News
Gerilya Penelitian Menuju Skala Internasional
2018-10-30

Universitas Pembangunan Jaya - Setelah beberapa kali Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) menyelenggarakan kegiatan pelatihan internal (workshop) yang mengusung tema nasional, seperti bagaimana memperoleh hibah DIKTI, menulis artikel ilmiah di jurnal nasional dan beberapa kegiatan lainnya. Kali ini pada (30/10) kemarin, LP2M kembali menyelenggarakan perlatihan internal kesepuluh dengan mengangkat tema "Penulisan Proposal Penelitian Hibah Internasional" dengan mengundang Bapak Prof. Iskandar Z. Siregar yang merupakan director of international program di Institut Pertanian Bogor.

Kegiatan yang diinisiasi sebagai program kerja LP2M ini bertujuan agar dosen di Universitas Pembangunan Jaya mulai melirik berbagai hibah-hibah penelitian yang dananya dikucurkan oleh negara-negara luar. Dalam kesempatannya, pembicara menjelaskan terlebih dahulu pada materi pertamanya tentang "Macam-Macam Hibah Pengembangan Riset Berskala Internasional Bagi Institusi". Pada materi pertama ini pembicara menjelaskan berbagai jenis hibah internasional dari berbagai negara yang dapat dijadikan alternatif dosen untuk mencoba. Adapun negara pemberi hibah yang dimaksud seperti, German dengan DFG Collaborative Research Centernya, USA dengan USAID SHERA, USAID PEER, MCAI, Denmark dengan Danida Fellowship Center dan lainnya.

Selanjutnya, Prof. Iskandar menjelaskan pula pada materi keduanya yaitu "Strategi Memenangkan Hibah Kerjasama Internasional". Pada materi ini pembicara menjelaskan beberapa strategi yang dapat UPJ lakukan seperti halnya IPB lakukan dalam mendapatkan program kerjasama hibah penelitian luar negeri. Adapun strategi yang dipaparkan pembicara antara lain, Menyelaraskan agenda global, Membentuk Konsorsium Riset Internasional, Memapankan Manajemen Riset, dan Pengembangan Human Resource. Dalam materinya, Prof. Iskandar juga menawarkan kepada peserta workshop yang kali ini dihadiri pula oleh rektor UPJ Ibu Leenawaty Limantara, Ph.D untuk dapat melakukan penelitian bersama dan membuat konsorsium riset bersama antara UPJ dan IPB. Wacana ini disambut baik oleh UPJ yang merupakan Universitas yang fokus pada permasalahan urban dan IPB yang merupakan salah PTN yang fokus pada ilmu pertanian, kehutanan, dan lainnya. Harapannya wacana ini dapat ditindak lanjuti pula oleh dosen UPJ untuk ikut berkontribusi sehingga dapat melakukan penelitian dengan dana skala internasional. (SHD)

 

Link Materi Pelatihan Internalhttp://p2m.upj.ac.id/pages/71/materi-pelatihan-internal.html

Dokumentasi Acara