Sunday , 25 October 2020
Latest News
Latest News
UPJ Mengabdi, Pengabdian kepada Masyarakat di Kelurahan Sawah Baru
2020-09-11

Universitas Pembangunan Jaya - Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh civitas akademika Universitas Pembangunan Jaya (UPJ). Didalam melaksanakan kewajiban tersebut, civitas akademika UPJ harus melakukan kegiatan-kegiatan di dalam masyarakat yang bermanfaat dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam masyarakat tersebut merupakan bagian dari upaya pembangunan lembaga pendidikan tinggi yang berorientasi pada bidang keilmuan yang dibutuhkan masyarakat. Keilmuan yang dikembangkan di perguruan tinggi harus nyata di-implementasikan dalam masyarakat. Ilmu-ilmu yang dikembangkan harus dapat membawa kesejahteraan yang mensejahterakan masyarakat.

Sudah banyak kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan civitas akademika UPJ untuk masyarakat sekitar, terutama di Kelurahan Sawah Baru.

 

1. Pelatihan Perancangan Media Publikasi untuk Masyarakat di Kelurahan Sawah Baru – Karang Taruna dan Ibu PKK

Daya tarik produk makanan dan minuman dapat ditingkatkan melalui  pengembangan desain kemasan yang baik. Terkadang produk UMKM masih cenderung dipandang kurang estetis, tidak komunikatif dan tidak memenuhi standar. Oleh karena itu diperlukan kegiatan pendampingan dan pelatihan yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing produk UMKM melalui kemasan.

Melihat hal ini maka, Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Pembangunan Jaya melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa Pelatihan Perancangan media publikasi untuk masyarakat dengan fokus pada aspek desain kemasan di Kelurahan Sawah Baru, Ciputat  Tangerang Selatan. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya menerapkan keilmuan desain bagi masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung pada 2 Mei 2018 – 29 Oktober 2018.

     

Pengabdian kepada Masyarakat Hibah Internal (2 Mei 2018 – 29 Oktober 2018)

 

2. Kebun Vertikal untuk Optimalisasi Penghijauan di Lahan Sempit dengan Memanfaatkan Kompos dari Limbah Rumah Tangga Warga Kelurahan Sawah Baru

Volume sampah di Tangerang Selatan yang kerap meningkat setiap tahunnya telah lama menjadi perhatian pemerintah kota. Kondisi ini belum dapat membaik karena pengelolaan sampah di Tangerang Selatan belum terintegrasi.

Merespon persoalan tersebut warga di sekitar Kelurahan Sawah Baru yang telah menjadi wilayah binaan Pengabdian kepada Masyarakat prodi Arsitektur UPJ, terdorong untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungannya, termasuk mengenai sampah rumah tangga. Maka pada 23 November 2018 – 21 Juni 2019, Program Studi Arsitektur menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Kebun vertikal untuk optimalisasi penghijauan di lahan sempit dengan memanfaatkan kompos dari limbah rumah tangga warga Kelurahan Sawah Baru.

          

          

Pengabdian kepada Masyarakat Hibah Internal (23 November 2018 – 21 Juni 2019)

 

3. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menyelamatkan Air Tanah dan Menanggulangi Sampah Kota Melalui Program Biopori dan Kompos Rumah Tangga di Pemukiman Cluster Kecil Sawah Baru

Dosen dan Mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Pembangunan Jaya dalam  acara serah terima kepada warga RT 4 & RT 5, Villa Mutiara, Kelurahan Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan. Pembuatan Biopori hingga Sumur Resapan dan Komposter serta Pembibitan yang telah dilakukan bersama warga dapat bermanfaat dan terus dikembangkan secara mandiri sebagai usaha peningkatan kualitas lingkungan hidup. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan pada 27 Oktober 2017 sampai 31 Mei 2018.

     

          

     

Pengabdian kepada Masyarakat Hibah Internal (27 Oktober 2017 – 31 Mei 2018)

 

4. Pelatihan Pengelolaan Keuangan Keluarga bagi Ibu Rumah Tangga pada Kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Sawah Baru Kecamatan Ciputat Tangerang Selatan, Banten

Permasalahan pengaturan keuangan merupakan masalah tiap individu termasuk juga Ibu Rumah Tangga dalam mengatur dan mengelola keuangan keluarga. Kelompok ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok Ibu-Ibu PKK) Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten mempunyai permasalahan yang sama dimana tidak dapat mengatur keuangan keluarga. Salah satu dari 10 Program Pokok PKK  yaitu “Perencanaan Sehat” yang menyatakan bahwa perencanaan sehat bagi keluarga meliputi urusan keseim­bangan pendapatan dan belanja rumah tangga. Kebutuhan mitra saat ini yaitu pemahaman tentang bagaimana perencanaan keuangan yang sehat. Selaras dengan salah satu program PKK tersebut dan kompetensi serta kepakaran Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Jaya dalam upaya memberikan solusi permasalahan yang ada di masyarakat tersebut, maka Dosen bersama Mahasiswa menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Keluarga bagi Ibu Rumah Tangga yang berlangsung pada bulan Mei 2017 bertempat di aula Kelurahan Sawah Baru dilanjutkan pertemuan berikutnya bertempat di kantor RW Kelurahan Sawah Baru.

     

     

          

Pengabdian kepada Masyarakat Hibah Internal (10 Maret 2017 – 6 September 2017)

 

5. Pendampingan Pengelolaan Keuangan Keluarga bagi Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Sawah Baru Kecamatan Ciputat Tangerang Selatan, Banten

Januari - Mei 2019, Pengabdian Masyarakat dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Literasi Keuangan bagi Pelaku Usaha di wilayah Kelurahan Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia merupakan salah satu soko guru perekonomian Indonesia selain koperasi. Hal ini dapat terlihat dari bukti nyata bahwa sebagian besar UMKM di Indonesia tidak menghadapi krisis di tengah-tengah krisis global pada tahun 2008 lalu. Perkembangan jumlah UMKM dari tahun ke tahun semakin bertambah. Secara umum perkembangan UMKM baru terlihat dari sisi jumlahnya saja, namun dalam aspek keuangan, hanya sedikit UMKM yang mengalami perkembangan dalam hal kinerja keuangannya. Hal ini tak lepas dari ketidaksadaran pelaku UMKM terhadap pentingnya pengelolaan keuangan perusahaan. Cikal bakal UMKM bermula dari para pelaku usaha. Begitu pula kondisi para pelaku usaha di sekitar wilayah Kelurahan Sawah Baru yang kami temui di lapangan umunya tidak melakukan pencatatan keuangan dengan baik, bahkan ada yang tidak mencatat sama sekali. Akibatnya adalah tidak menggambarkan kondisi keuangan usaha yang sesungguhnya.

Melihat kondisi diatas Prodi Akuntansi Universitas Pembangunan Jaya yang secara rutin melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah Kelurahan Sawah Baru merasa terpanggil untuk melakukan pendampingan dalam pengelolaan keuangan bagi para pelaku usaha. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk keberlangsungan usaha yang lebih berkembang lagi. Untuk itu maka pada Januari sampai dengan Mei 2019, Dosen dan Mahasiswa prodi Akuntansi UPJ melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Literasi Keuangan bagi Pelaku Usaha di wilayah Kelurahan Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

          

     

Pengabdian kepada Masyarakat Hibah Internal (23 November 2018 – 21 Juni 2019)

 

6. Pelatihan Pengelolaan Aplikasi Sistem Informasi Bagi Warga Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten

Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Banyak sekali manfaat dari Sistem Informasi dan Teknologi dalam kegiatan sehari-hari. Sistem Informasi dalam perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Sistem Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, kesehatan dan dalam kegiatan sehari-hari yang dijalankan oleh masyarakat.

Teknologi Informasi dan komunikasi serta kompetensi dan kepakaran Program Studi Informatika, Sistem Informasi Universitas Pembangunan Jaya dalam upaya memberikan solusi permasalahan yang ada di masyarakat tersebut, maka Program Studi Sistem Informasi Universitas Pembangunan Jaya memberikan Pelatihan Pengelolaan Aplikasi Sistem Informasi yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan yang berlangsung 23 November 2018 – 21 Juni 2019 diadakan di ruang laboratorium komputer Universitas Pembangunan Jaya dengan mengundang warga masyarakat untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di kampus UPJ sekaligus memperkenalkan lebih dekat dan menjalin silaturahmi lebih erat lagi. 

     

Pengabdian kepada Masyarakat Hibah Internal (23 November 2018 – 21 Juni 2019)

 

7. Peningkatan Daya Tampung Musholla Al-Muttaqin Kelurahan Sawah Lama - Tangerang Selatan

Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan kesadaran masyarakat dalam beribadah khususnya dalam menunaikan ibadah sholat wajib secara rutin lima waktu sehari di masjid atau musholah. Selain itu kegiatan keagamaan lainnya berupa pengajian, pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an juga dilakukan di musholah. Salah satu fasilitas yang terkena dampak langsung adalah kondisi musholah.

Beberapa permasalahan yang saat ini dihadapi masyarakat adalah lokasinya yang menyempil di sudut-sudut pemukiman sehingga susah diakses, luasan bangunan musholah yang kecil sehingga sangat terbatasnya kapasitas untuk menampung jamaah serta melaksanakan kegiatan, kebersihan ruangan khususnya tempat wudhu dan toilet.

Musholah Al-Muttaqin terletak di R 05 RW 02 Kelurahan Sawah Baru dibangun sejak awal tahun 2000. Permasalahan yang dihadapi DKM dan jamaah Musholla Al-Muttaqin adalah keterbatasan ruangan untuk melaksanakan kegiatan rutin dan insidental. Sebagian dana wakaf telah terkumpul untuk membiayai renovasi tersebut namun DKM dan jamaah masih belum memiliki rencana yang jelas tentang renovasi yang akan dilakukan. Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Arsitektur Universitas Pembangunan Jaya yang selalu aktif melaksanakan kegiatan di wilayah Kelurahan Sawah Baru, kali ini prodi Arsitektur berperan sebagai pendamping bagi DKM dan jamaah Musholah Al-Muttaqin dalam merumuskan rencana serta mengeksekusi pelaksanaan renovasinya dengan cara sebagai berikut :

  1. Mengadakan musyawarah untuk mengidentifikasi problem yang dihadapi
  2. Mengadakan musyawarah untuk merumuskan kebutuhan sekaligus menentukan prioritas
  3. Mengadakan musyawarah untuk menentukan rancangan bangunan serta tahap-tahap pembangunan
  4. Mengawasi prose konstruksi yang sedang berlangsung.

Kegiatan ini berlangsung pada 5 Agustus 2019 – 1 Februari 2020 dan saat ini musholah Al-Muttaqin telah selesai direnovasi, semoga membawa keberkahan bagi kita semua.

     

     

     

Pengabdian kepada Masyarakat Mandiri (5 Agustus 2019 – 1 Februari 2020)

 

8. Seni Mural - depan Bintaro XChange Mall dan arah Stasiun Jurangmangu Mahasiswa DKV UPJ, Local Street Artist Bintaro, Karang Taruna Sawah Baru

Menciptakan keindahan di tembok sepanjang jalan dari dan ke arah Stasiun Jurangmangu bagi pejalan kaki yang melintas, merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Dosen dan Mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Pembangunan Jaya, bekerja sama dengan Local Street Artist Bintaro serta bersama-sama para pemuda Karang Taruna Kelurahan Sawah Baru Ciputat Tangerang Selatan (24-29 November 2019)

     

     

Pengabdian kepada Masyarakat Mandiri (24 - 29 November 2019)

 

9. SIPIL Terjun Mengabdi: “Buka Mata Untuk Mereka, Buka Hati Untuk Berbagi” – PAUD Sawah Baru

Dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Pembangunan Jaya sedang melaksanakan pengabdian masyarakat kepada PAUD TERATAI di Kelurahan Sawah Baru pada tanggal 29 April – 3 Mei 2019.

Kegiatan tersebut dilakukan lantaran masih banyaknya masalah fasilitas di sektor pendidikan dan kurangnya peran fungsi Mahasiswa dalam aksi nyata berbuat untuk masyarakat serta sebagai salah satu perwujudan dari Konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi. Beberapa kegiatan yang dilakukan di PAUD Teratai, dimulai dari perbaikan tempat belajar mengajar (ruang belajar hingga alat – alat belajar mengajar) sampai turut serta terjun langsung melakukan pengajaran.

     

     

Pengabdian kepada Masyarakat Mandiri (April - Mei 2019)

 

10. Pelatihan Pengerjaan Dokumen dan Presentasi Berbasis Microsoft untuk Karyawan Kelurahan Sawah Baru Bintaro Tangerang

Permasalahan meningkatkan pelayanan di kantor kelurahan merupakan permasalahan yang muncul dari masyarakat sekitar yang tidak puas dengan pelayanan kantor kelurahan. Hal ini adalah sangat disayangkan, sebab ketidakpuasan biasanya muncul karena ketidak-sigapan atau ketrampilan karyawan kelurahan dalam pengoperasian komputer atau pengolahan data dengan komputer sebagai alat pendukung. Dukungan pemerintah memiliki peran yang sangat penting, karena program komputerisasi meningkatkan kualitas ragam pelayanan pemerintah untuk rakyat banyak. Pelayanan yang sukses, tentunya berasal dari kedisiplinan dan kejujuran pada awalnya, namun kedua faktor tersebut lebih terbantukan dengan peningkatan keahlian tekhnologi yang mau tidak mau harus dilakukan demi kesigapan dan kelancaran pelayanan untuk mengikuti arus jaman dan ekonomi di kelurahan tersebut.

Potensi karyawan kelurahan bisa lebih muncul bila ada kesatuan utuh yang kuat antara kedisiplinan, kejujuran dan keahlian operasi computer bisa menghasilkan suatu layanan prima terhadap segala kebutuhan dokumen untuk kepentingan yang beragam dari masyarakat setempat. Selaras dengan program pemerintah dan nilai-nilai yang dianut oleh Universitas Pembangunan Jaya dalam bidang Teknologi Infromasi dan komunikasi serta kompetensi dan kepakaran Program Studi Informatika, Sistim Informasi dan Manajemen Universitas Pembangunan Jaya dalam upaya memberikan solusi permasalahan yang ada di masyarakat tersebut, maka Program Studi Informatika, Sistim Informasi dan Manajemen Universitas Pembangunan Jaya menawarkan kerja sama dengan pemberian pelatihan cara pengerjaan dokumen dan presentasi berbasis Microsoft untuk karyawan kelurahan Sawah Baru Bintaro Tangerang. Setelah pelatihan diberikan hasilnya akan dievaluasi dan diharapkan akan memberikan manfaat serta dapat berkelanjutan dalam penerapannya pada peningkatan layanan.

     

Pengabdian kepada Masyarakat Mandiri

 

11. Pengenalan Moda Transportasi dan Rambu Lalu Lintas Bagi Siswa-Siswi SDN Sawah Baru

Sosialisasi dan pengenalan moda transportasi rambu-rambu lalu lintas perlu dilakukan sejak usia dini, setidaknya di usia sekolah dasar. Hal ini bertujuan agar anak-anak dapat mengenal alat transportasi di sekitarnya dan mengetahui tata tertib lalu lintas di jalan raya. Hal utama yang ditanamkan pada anak-anak adalah kedisiplinan. Anak-anak juga dapat memahami mematuhi peraturan lalu lintas akan menjaga keselamatan mereka di jalan dan orang lain. Kelak saat anak-anak tumbuh remaja hingga dewasa meraka sudah terbiasa dengan kedisiplinan dan tidah hanya mengetahui rambu-rambu lalu lintas tetapi juga paham pentingnya mentaati peraturan lalu lintas.

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini merupakan kegiatan lintas program studi yang melibatkan Dosen dan Mahasiswa yaitu dari program studi Teknik Sipil, Informatika, Manajemen, Desain Produk dan Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya bekerjasama dengan Sekolah Dasar Negeri Sawah Baru di Ciputat mengadakan sebuah program untuk mengenalkan moda transportasi dan rambu-rambu lalu lintas kepada siswa dan siswi. Mengingat banyaknya siswa yang mengikuti program tersebut, yaitu 330 murid atau 11 kelas, maka kegiatan ini dilaksanakan oleh 6 orang dosen dan dibantu oleh 28 mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 April 2019 dan bertempat di SDN Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan.

        

     

      

Pengabdian kepada Masyarakat 16 April 2019

 

12. Pengenalan Kesiagaan Bencana Melalui Media Infografis Bagi Pelajar Sekolah Dasar Kelurahan Sawah Baru, Tangsel

Banyaknya bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah nusantara dalam rentang satu dekade ini membuat masyarakat khawatir. Indonesia pada saat ini masih menerapkan paradigma lama yaitu penanggulangan bencana. Masyarakat harus mengubah paradigma dan cara berpikir untuk lebih sadar akan potensi bencana di Indonesia. Dengan mengubah paradigma, masyarakat akan lebih paham dan mengerti cara untuk menghadapi bencana. Masyarakat selama ini hanya diberi peringatan jika bencana akan datang tanpa adanya edukasi untuk menghadapi sebuah bencana. Berdasarkan pengamatan masalah-masalah diatas media yang sangat mudah dipahami dan dimengerti berupa media infografis.

Pengenalan kesiagaan bencana harus dtanamkan sejak dini. Oleh sebab itu dosen dan mahasiswa  Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Pembangunan Jaya memberikan pengetahuan berupa pembuatan media informasi dalam bentuk infografis dari BPBD kepada masyarakat umum dalam hal ini kepada siswa-siswi SDN Sawah Baru. Diharapkan dari media ini dapat menumbuhkan sikap tanggap mengantisipasi bencana sejak dini agar jumlah korban jiwa dan kerugian material dapat diminimalisir.

     

Pengabdian kepada Masyarakat Mandiri (Maret – Agustus 2018)