Thursday , 19 July 2018
Latest News
    Maaf, data yang anda cari tidak ada
Latest News
Tampung Animo Warga UPJ, LP2M Fasilitasi Workshop Kiat Menulis Artikel Ilmiah
2018-03-22

Universitas Pembangunan Jaya - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Jaya (LP2M UPJ) kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan internal (workshop) kemarin (21/03). Mengusung tema "Kiat Menulis Artikel Ilmiah pada Jurnal Nasional Terakreditasi" LP2M UPJ kali ini mendatangkan Bapak Zaafri A Husodo, Ph.D yang merupakan Kepala Editor di Indonesian Capital Market Review Journal. Bapak Zaafri sendiri merupakan lulusan Australian School of Business, University of New South Wales dan mendapatkan gelar Ph.D of Finance.

Kegiatan workshop ini merupakan kali ketujuh LP2M selenggarakan setelah sukses dengan enam kegiatan workshop sebelumnya dengan mengangkat tema yang berbeda-beda. Diangkat menjadi tema workshop kali ini, LP2M merasakan animo yang cukup besar dari warga UPJ tentang bagaimana menulis sebuah artikel ilmiah lalu mempublikasikanya pada jurnal nasional maupun internasional. berjumlahkan 40 peserta yang mendaftar serta ditambah dengan peserta yang mendaftar secara on the spot, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Bertempatkan di ruang kelas 615 yang langsung menghadap view pegunungan, membuat kegiatan ini tampak lebih tenang dan kondusif.

Dimulai dengan pembukaan sambutan dari Kepala LP2M Bapak Agustinus Agus Setiawan, ST., MT kegiatan workshop ini resmi dibuka. Selanjutnya, Bapak Agustinus mengundang langsung Bapak Zaafri untuk langsung memberikan materi workshop kemarin. Narasumber yang  telah berpengalaman ini membagi materinya menjadi dua bagian yaitu, pertama tentang mengenali terlebih dahulu artikel yang akan publish disesuaikan dengan kriteria jurnal yang akan kita pilih sebagai tempat publikasi, dan kedua narasumber menjelaskan bagaimana trik dan tips menulis artikel ilmiah yang baik dan sesuai.

Pada materi pertamanya, narasumber membagikan pengetahuan kepada seluruh peserta tentang menyesuaikan artikel ilmiah kita yang telah dibuat apakah telah sesuai dengan kriteria jurnal yang kita pilih. Menurut Bapak Zaafri memilih tempat publikasi dimulai dengan melihat pengkategorian jurnal, sebagai contoh artikel ilmiah yang telah dibuat apakah telah masuk dalam kriteria jurnal Q1?  jika belum, penulis dapat memasukan publikasi ke jurnal Q2 atau Q3, namun narasumber tidak merekomendasikan untuk memasukan artikel ilmiah pada jurnal dengan kategori Q4. Menurut narasumber setelah dirasa artikel ilmiah kita tidak sesuai pada kategori jurnal Q1-Q3, makan akan lebih baik mempublikasin artikel ilmiah yang dimaksud ke jurnal nasional yang terakreditasi.

Bagian materi kedua, narasumber lebih menekankan pada tips dan trik menulis artikel ilmiah yang baik dan sesuai. dimulai dengan menjelaskan struktur penulisan sebuah artikel ilmiah, yaitu dimulai dengan title, abstract, introduction, research design, empirical analysis, dan conclusion/concluding remarks. Narasumber juga memberikan contoh-contoh penulisan artikel yang baik seperti penulisan abstrak yang baik dengan tidak membuat abstrak seperti sebuah cerpen, hingga menuliskan referensi yang sesuai dengan format yang sesuai pada kriteria tempat kita akan mempublikasikan artikel ilmiah kita.

Kegiatan pemberian materi berlangsung selama kurang lebih 2 jam dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. banyak dari peserta yang bertanya kepada narasumber dimulai dari dosen hingga kedua dekan dan rektor pun bertanya pada saat sesi ini. Pertanyaan yang langsung dijawab oleh narasumber berlangsung secara komunikatif sehingga timbul diskusi yang dapat memecahkan kebingungan bagi peserta lainnya. Diakhir acara LP2M selalu memberikan fasilitas makan siang kepada seluruh peserta, dan membagikan sertifikat kepada seluruh peserta. Dalam waktu dekat pula LP2M akan segera menyelenggarakan kembali kegiatan pelatihan internal untuk kedepalapan kalinya, harapannya peserta yang telah ikut dan hadir dapat turut serta kembali pada kegiatan-kegiatan LP2M selanjutnya. (shd)

materi acara workshop dapat diunduh disini

Dokumentasi acara ini :