Thursday , 18 July 2024
Profil
Profil

Perkenalan

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) adalah perguruan tinggi yang didirikan oleh kelompok usaha Pembangunan Jaya dengan Ijin Operasional sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Nomor 38/D/O/2011 tanggal 25 Pebruari 2011. Kelompok usaha Pembangunan Jaya memiliki 25 usaha yang bergerak dibidang property, manufaktur, konsultan manajemen, konsultan desain, kontraktor, pariwisata/rekreasi, trading, mekanikal & elektrikal dan pendidikan. Kelompok usaha Pembangunan Jaya telah mempunyai pengalaman 50 tahun dalam mengelola sektor usaha dan beritikad untuk mengabdikan sebagian dari kegiatan usaha induknya ke pendidikan dalam membangun sumber daya manusia Indonesia yang lebih berkualitas.

Pembangunan Jaya merupakan pioneer dan inovator bisnis modern yang unggul di sejumlah bidang usaha (infrastruktur, industri, pengembangan kota, dan pusat rekreasi).  Setelah sukses berkontribusi nyata dalam pembangunan kota, Grup Jaya dengan tanggungjawab sosialnya membangun Indonesia melalui pendidikan dan olahraga dengan reputasi kualitas yang diakui sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.  Berbekal reputasi kualitas unggul, kepeloporan dan inovasi, Universitas Pembangunan Jaya didirikan dengan tujuan menjadi pusat pendidikan tinggi unggulan dengan keunggulan di bidang Urban lifestyle and Urban Development.

Guna mendukung tercapainya tujuan Universitas tersebut maka dirintislah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPJ berdasarkan  SK Rektor nomor 04-2/KEP-REK/UPJ/11 tentang Pembentukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Jaya. Tugas LPPM UPJ adalah menjadi bagian dari anggota masyarakat ilmiah Indonesia, memberikan kontribusi dalam bentuk penelitian dan pengembangan IPTEKS berbasis warna khas Universitas Pembangunan Jaya yaitu Urban Lifestyle and Urban Development.

Visi dan Misi

Sejalan dengan Visi Strategis Universitas Pembangunan Jaya, maka Visi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPJ adalah “Menjadi Lembaga yang unggul dalam kajian urban lifestyle dan Urban Development, dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi”.

Secara lebih khusus visi LPPM UPJ tersebut diturunkan menjadi misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai sokong utama Tri Dharma Perguruan Tinggi secara profesional dan taat asas.
  2. Membangun budaya riset menuju tercapainya UPJ sebagai universitas riset yang unggul dalam kajian Urban Development dan Urban Lifestyle
  3. Berperan aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berdaya guna.

Berdasarkan Visi Misi tersebut, maka disusunlah Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pembangunan Jaya, dengan 5 sasaran strategis berikut :

  1. Melakukan program penguatan kelembagaan, program pengembangan litbangrap IPTEK, SDM dan jaringan serta strategi diseminasi dan pemanfaatan hasil riset yang inovatif dan terukur.
  2. Mengembangkan sistem eksekusi masterplan secara fokus dan proaktif berbasis  kekuatan jejaring yang ada dan yang akan diinisiasi, serta keunikan riset yang selama ini dikembangkan.
  3. Memfasilitasi Pusat Unggulan UPJ yaitu Pembangunan Jaya Center for Urban Studies dalam mewujudkan universitas riset.
  4. Menciptakan produk unggulan dan unggul berupa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang urban lifestyle and urban development.
  5. Memanfaatkan produk unggulan dan produk unggul bidang urban lifestyle dan urban development Universitas oleh pemerintah dan masyarakat.

Tujuan

Guna mendukung cita-cita utama UPJ sebagai suatu Research University maka dirintislah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UPJ berdasarkan  SK Rektor nomor 04-2/KEP-REK/UPJ/11 tentang Pembentukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Jaya. Tugas LP2M UPJ adalah menjadi bagian dari anggota masyarakat ilmiah Indonesia, memberikan kontribusi dalam bentuk penelitian dan pengembangan IPTEKS berbasis warna khas Universitas Pembangunan Jaya yaitu Urban Lifestyle and Urban Development.