Sunday , 28 April 2024
Latest News
    Maaf, data yang anda cari tidak ada
Latest News
LP2M dan Sepuluh Program Studi Kolaborasi Laksanakan 3rd Research Week
2023-06-26

Universitas Pembangunan Jaya - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas bersama sepuluh program studi di Universitas Pembangunan Jaya kembali melaksanakan kegiatan rutin dari program kerja LP2M yaitu 3rd Research Week. Tahun ini merupakan tahun ketiga kegiatan Research Week dilaksanakan. Beberapa kegiatan yang sama seperti pada tahun sebelumnya pun dilaksanakan seperti Urban Studies Online Seminar Series, Diseminasi, Workshop, dan Publikasi Bab dalam Buku. Kegiatan dimulai pada 19 Juni 2023 dengan dibuka dengan kegiatan pembukaan dan workshop "Teknik Presentasi Hasil Penelitian" bersama Ibu Reni Dyanasari., S,IKom., M.Si dosen Ilmu Komunikasi UPJ sebagai fasilitator kegiatan. Kegiatan dilaksanakan secara luring di ruang 616 Gedung B, UPJ pada pukul 09.00-12.00 WIB. Pada hari yang sama, siang hari pukul 14.00 WIB dilaksanakan pula kegiatan webinar series chapter Urban and The Future yang menghadirkan Bapak Wayan Suparta, Ph.D - Dosen Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.

Pada hari kedua (20/06), webinar dilanjutkan bagi kedua chapter urban studies yaitu Urban Culture dengan menghadirkan Prof. Dr. Wegig Murwonugroho - Guru Besar Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Trisakti. Selain itu, ada pula Bapak Ambar Mulyono, Ph.D - Dosen Desain Interior, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Kedua narasumber mengangkat topik "Sustainable Desain Produk untuk Pendukung Interior Kawasan Urban". Sedangkan, pada siang hari webinar diisi oleh chapter Urban Growth yang menghadirkan Bapak Dr. Moch. Doddy Ariefianto, SE., M.SE - Head of Finance, Binus University, Jakarta yang mengangkat topik "Writing Scholarly Journal: Optimizing on STATA Capability"

Pada hari ketiga (21/06) kegiatan webinar diisi chapter Urban Development pada sesi pagi hari dengan menghadirkan Prof. Dr -Ing. Wiwandari Handayani, S.T.,M.T., MPS - Ketua Departemen Perencanaan dan Wilayah, Universitas Diponegoro, Semarang. Topik yang diangkat dalam webinar ini adalah "Strategi Keberlanjutan dan Ketangguhan pada Kawasan Metropolitan". Pada sesi siang hari webinar diisi oleh Chapter Urban Society yang merupakan sesi terakhir dalam kegiatan Urban Studies Online Seminar Series pada 3rd Research Week. Pada sesi ini topik yang diangkat adalah "Sustanability and Food Waste Issue in Indonesia: How Collaboration Can Improve Research and Its Impact on Urban Society" dengan narasumber Ibu Dr. Johanna Renny Octavia., PDEng - Dosen Jurusan Teknik Industri, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. 

Kegiatan hari keempat diisi dengan kegiatan workshop kedua yaitu dengan membawa topik "Machine Learning for Non-programmers" bersama Bapak Nur Uddin, Ph.D - Dosen Informatika, Universitas Pembangunan Jaya. Kegiatan ini kembali dilaksanakan secara luring/offline di ruang 616 Gedung B, Universitas Pembangunan Jaya pada pukul 09.00-12.00 WIB. Pada hari terakhir kegiatan diisi dengan Diseminasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan diseminasi dilakukan secara luring di lobby gedung A, Universitas Pembangunan Jaya. Terdapat 7 pemakalah yang melakukan diseminasi yaitu 5 berasal dari proposal penelitian dan 2 proposal pengabdian kepada masyarakat. 

Seluruh kegiatan dalam rangkaian 3rd Research Week telah terselenggara dengan baik dan kondusif tercatat terdapat 246 peserta mengikuti Urban Studies Online Seminar Series dan 30 peserta workshop. Pada akhir kegiatan LP2M melakukan penyebaran online formulir untuk mengetahui umpan balik dari peserta. Banyak dari peserta memberikan umpan balik yang positif untuk kegiatan 3rd Research Week dan berharap kegiatan Research Week tetap dapat dilaksanakan pada tahun berikutnya. Kegiatan Urban Studies Online Seminar Series pun saat ini dapat disaksikan ulang pada playlist 3rd Research Week pada kanal youtube LP2M UPJ. (SHD)

Youtube LP2M : https://www.youtube.com/channel/UCEUplieV2NT5MKdojkUkjmg

Dokumentasi Kegiatan : https://drive.google.com/drive/folders/1-VS4F__k0HfHRaVSLUZ98WpfBaSqQiwQ?usp=sharing

Materi kegiatan : https://drive.google.com/drive/folders/1UZTi6EIJZMx1HdfKp0aEQtp0JFYH_C5n?usp=sharing