Saturday , 27 April 2024
Latest News
    Maaf, data yang anda cari tidak ada
Latest News
LP2M Menyelenggarakan Sharing Session Penulisan Proposal Penelitian Matching Fund Kedaireka dan DRTPM 2023
2023-04-10

Universitas Pembangunan Jaya - Kamis (06/04) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Jaya (LP2M UPJ) mengadakan kegiatan Sharing Session dengan mengusung tema "Penulisan Proposal Penelitian Matching Fund Kedaireka dan DRTPM 2023" menghadirkan dua narasumber dari eksternal UPJ dan satu narasumber dari internal UPJ, yaitu Prof. Dr. Eng. Retno Supriyanti, S.T., M.T. dan Prof. Dr. Ing. R. Wahyu Widanarto. Kedua narasumber merupakan doktor yang berafiliasi di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, sekaligus merupakan penilai (reviewer) proposal penelitian nasional DRTPM. Selanjutnya, narasumber dari internal UPJ ialah Hari Nugraha, Ph.D. Beliau merupakan dosen program studi Desain Produk sekaligus merupakan penerima hibah matching fund kedaireka 2022.

Berlangsung pada 6 April 2023, dilaksanakan secara daring yang terbagi dalam tiga sesi merupakan kegiatan Sharing Session yang bertujuan agar civitas akademika UPJ dapat menyempurnakan proposal penelitian yang lebih mumpuni agar dapat lolos pendanaan Hibah Matching Fund Kedaireka dan DRTPM pada tahun 2023. Sekaligus menjadi wadah bertukar ilmu dan pengalaman dalam hal pengajuan proposal pendanaan Hibah Matching Fund Kedaireka dan DRTPM.

Pada awal sesi, Prof. Dr. Eng. Retno Supriyanti, S.T., M.T. memaparkan materi tentang penulisan proposal matching fund. Beliau menyampaikan poin-poin apa saja yang sering menjadi penilaian, bagaimana cara penulisan proposal yang baik dan sesuai dengan penilaian reviewer. Kegiatan berjalan dengan kondusif, peserta mengikuti dengan antusias dan komunikatif. Banyak pertanyaan yang dilontarkan peserta kepada Prof. Retno.

Lalu pada sesi selanjutnya merupakan sesi dengan Prof. Dr. Ing. R. Wahyu Widanarto, Beliau memaparkan materi tentang penulisan proposal penelitian kedaireka dan DRTPM. Beliau sharing poin-poin apa saja yang harus diperhatikan oleh tim pengusul proposal, seperti track record tim peneliti, pemilihan skim penelitian, tema penelitian, dan roadmap penelitian. Pada sesi ini pun peserta sangat antusias mengikuti kegiatan. Banyak pertanyaan yang dilontarkan peserta kepada Prof. Wahyu.

Selanjutnya pada sesi terakhir, giliran Bapak Hari Nugraha, Ph.D. untuk berbagi pengalaman sebagai penerima hibah matching fund kedaireka tahun 2022. Beliau menyampaikan apa saja yang perlu dilakukan saat mengusulkan proposal matching fund dan apa saja yang perlu diperhatikan. Pada sesi ini pun peserta masih sangat antusias mengikuti kegiatan. Banyak pertanyaan yang dilontarkan peserta. Kegiatan berakhir pada pukul 12.10 WIB dan diakhiri dengan sesi foto bersama. (alt)

 

Tautan materi :

1) Materi Pelatihan - (Penulisan Proposal Matching Fund)

2) Materi Pelatihan - (Penulisan Proposal Penelitian Kedaireka & DRTPM 2023)

3) Materi Pelatihan - (Sharing Session Kedaireka)

 

Dokumentasi : Sharing Session Penulisan Proposal Penelitian Matching Fund Kedaireka dan DRTPM 2023