Tuesday , 30 November 2021
Latest News
Latest News
LP2M Adakan Pelatihan Pengukuran TKT dan Drafting Paten
2020-12-02

Universitas Pembangunan Jaya - Selasa (01/12) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Pembangunan Jaya kembali mengadakan kegiatan Pelatihan Internal yang mengusung tema "Pengukuran TKT dalam Penelitian dan Pelatihan Drafting Paten" menghadirkan Prof. Dr. Eng. Retno Supriyanti, S.T., M.T sebagai pembicara. Beliau merupakan doktor yang berafiliasi di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, sekaligus beliau merupakan penilai (reviewer) dibanyak jurnal nasional terakreditasi SINTA serta kepala sentra kekayaan intelektual.

Pelatihan yang dilaksanakan pertama kali secara online melalui zoom meeting ini bertujuan agar civitas akademika UPJ dapat memahami cara perhitungan tingkat kesiapterapan teknologi (TKT) dalam penelitian dan memotivasi untuk memperkaya kekayaan intelektual mereka. Sekaligus menjadi wadah bertukar ilmu dalam hal mematenkan atau “memagari” hasil karya yang telah dihasilkan oleh civitas akademika UPJ. Pada sesi pertama, Prof. Retno memaparkan materi tentang bagaimana cara “memagari” suatu hasil karya atau produk dan membuat Hak Paten yang menghasilkan. Kegiatan berjalan dengan kondusif, peserta mengikuti dengan antusias dan komunikatif.

Pada sesi selanjutnya, Prof. Retno melanjutkan dengan menyampaikan materi tentang pengukuran tingkat kesiapterapan teknologi (TKT) dalam penelitian. Beliau sharing bagaimana cara mengisi TKT yang benar dan sesuai dengan level penelitian. Pada sesi ini pun peserta sangat antusias mengikuti kegiatan. Banyak pertanyaan yang dilontarkan peserta kepada Prof. Retno. Kegiatan berakhir pada pukul 15.30 WIB dan diakhiri dengan sesi foto bersama. (alt)

 

Link Youtube :

https://youtu.be/MDvgnePy9Lw