Friday , 18 October 2019
Latest News
Latest News
Gencarkan Doyan Menulis, LP2M Wujudkan Workshop Penulisan Artikel Populer
2019-07-02

Universitas Pembangunan Jaya - Selasa (2/7) yang lalu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Pembangunan Jaya kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan internal (workshop) ke-12. Workshop kali ini mengusung tema "Penulisan Artikel Ilmiah Populer" dengan menghadirkan Ibu Dr. Clara Moningka sebagai narasumber. Sesuai dengan temanya yaitu menulis artikel ilmiah yang populer, workshop ini menghadirkan narasumber dengan background sebagai penulis yang sering menerbitkan tulisannya di media massa. Acara workshop dihadiri lebih dari 30 peserta yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan UPJ. 

Dalam materinya, narasumber menjelaskan mengapa menulis itu penting bagi akademisi, selain sebagai cara berkomunikasi (record keeping), menulis juga termasuk kegiatan yang dapat menyehatkan mental. Lalu, narasumber juga menjelaskan bagaimana untuk memulai menulis artikel, yaitu dengan memulai menentukan segmen dan target medianya.Seperti contoh, saat kita ingin menulis seputar kuliner maka cobalah memilih media yang segmentasinya sesuai, seperti majalah wanita. Selain itu, untuk mempermudah proses penerbitan artikel di salah satu media massa, cobalah untuk membangun sebuah relasi hingga bisa membuat kesepakatan kerja, sehingga artikel yang kita buat dapat terus publish berkala di media massa tersebut.

Menulis di massa yang baik dapat dimulai pula dengan memilih judul yang eye catching, yang dapat menimbulkan perasaan penasaran untuk membaca bagi pembaca, selain itu menggunakan bahasa yang sederhana adalah salah satu yang penting. Narasumber juga memberikan saran kepada peserta yang hendak menulis di media massa, jika dikemudian hari terdapat perbaikan naskah yang telah dikirimkan, maka sebaiknya penulis tidak langsung sakit hati, karena anggap saja sebagai pelajaran kita memulai menulis artikel populer. 

Setelah pemaparan mengenai penulisan artikel ilmiah populer selesai dijelaskan oleh Dr. Clara. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sharing session dengan membawakan tema persiapan aplikasi hibah kemenristekdikti tahun anggaran 2020. Acara sharing session ini dijelaskan oleh Ibu Dr. Hastuti Naibaho yang menjelaskan persiapan aplikasi penelitian sedangkan Bapak Teguh Prasetio, M.Si persiapan aplikasi pengabdian. Kegiatan sharing session persiapan aplikasi hibah kemenristekdikti ini dirasa perlu dibagikan kepada peserta, agar dapat mempersiapkan sebaik mungkin untuk ikut mencoba penelitian maupun pengabdian pendanaan kemenristekdikti.

Kegiatan workshop dan sharing session yang telah berjalan kurang lebih empat jam ditutup dengan acara makan siang bersama. Makan siang pada workshop yang diadakan LP2M kali ini sedikit berbeda, karena sebelum makan siang dimulai Bapak Agustinus Agus Setiawan, S.T., M.T yang merupakan kepala LP2M mengucapkan salam perpisahan karena tidak lagi menjabat sebagai Kepala LP2M untuk periode selanjutnya. Prosesi makan siang dimulai dengan memotong tumpeng dan dibagikan kepada rekan kerja beliau selama di LP2M, dan dilanjutkan dengan makan siang bersama peserta lainnya. (shd)

 

Download materi pelatihan disini

 

Dokumentasi Acara